Rabu, 29 Januari 2014

MAULID IPNU IPPNU




MAULID IPNU IPPNU

1. ORANG YANG PERTAMA MENGADAKAN MAULID NABI MUHAMMAD
2. KEUTAMAAN MENGADAKAN MAULID NABI MUHAMMAD
3. NASAB KANJENG NABI MUHAMMAD SHOLLALLOOHU ‘ALAIHI WASALLAM
4. HUKUM MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD
5. DALIL MAULID NABI MUHAMMAD 

1. ORANG YANG PERTAMA MENGADAKAN MAULID NABI

Pertama:
Ada yang mengatakan:
أن أول من أقام الاحتفال بعيد ميلاد النبي صلى الله عليه وسلم هم الفاطميون في القرن الرابع الهجري ، الذين عرف عنهم أنهم أصحاب عقيدة منحرفة ، والتي تبنى على التشيع لآل البيت

Kedua:
Dalam Kitab Al Haawi Lil Fataawi, karya Imam Suyuthi, juz1 halaman 272, maktabah syamilah:
 وَأَوَّلُ مَنْ أَحْدَثَ فِعْلَ ذَلِكَ صَاحِبُ إِرْبِلَ اَلْمَلِكُ اَلْمُظَفَّرُ أَبُوْ سَعِيْدٍ كُوْكُبُرِيْ بْنُ زَيْنِ الدِّيْنِ عَلِيِّ بْنِ بُكْتِكِيْنَ أَحَدُ الْمُلُوْكِ الْأَمْجَادِ وَالْكُبَرَاءِ اَلْأَجْوَادَ وَكَانَ لَهُ آثارٌ حَسَنَةٌ وَهُوَ الَّذِيْ عَمَّرَ الْجَامِعَ الْمُظَفَّرِيَّ بِسَفْحِ قَاسِيُوْنَ

Orang yang pertama mengadakan hal yang demikian (Maulid Nabi) adalah penguasa Irbil (sebuah kota yang terletak di negara Irak bagian utara dan kota Arbil juga menjadi bagian wilayah dari otonomi Kurdistan Irak), Raja Muzhaffar Abu Sa’id Kuukuburi  bin Zainuddin Ali Ibnu Buktikin, salah seorang raja yang mulya, agung dan demawan. Beliau memiliki peninggalan  bagus dan beliau lah yang meneruskan pembangan Masjid al- Mudhaffariy di kaki bukit Qasiyun”.

Al Hafizh Ibnu Katsier berkata dalam  Kitab Al Bidayah wa Annihayah juz 13 halaman 160:
 وَقَالَ السِّبْطُ: حَكَى بَعْضُ مَنْ حَضَرَ سِمَاطَ الْمُظَفَّرِ فِيْ بَعْضِ الْمَوَالِدِ أَنَّهُ عَدَّ فِيْ ذَلِكَ السِّمَاطِ خَمْسَةَ آلَافِ رَأْسِ غَنَمٍ شَوِيٍّ وَعَشْرَةَ آلَافِ دَجَاجَةٍ وَمِائَةَ فَرَسٍ وَمِائَةَ أَلْفِ زُبْدِيَّةٍ وَثَلَاثِيْنَ أَلْفَ صَحْنِ حَلْوَى

Cucu (Imam Ibnul Jauzi) berkata:
“Sebagian orang yang  pernah menghadiri perjamuan Raja Muzhaffar dalam beberapa Maulid, dia menghitung dalam perjamuan tersebut  sebanyak 5.000 kepala kambing guling, 10.000 ayam, seratus kuda, 100.000 roti mentega dan  30.000 piring kue.”


2. KEUTAMAAN MENGADAKAN MAULID NABI MUHAMMAD

Imam Jalaluddin As-Suyuthiqaddasallaahu sirrahuu wa nawwara dharihaahuu- dalam kitab beliau yang diber Al- nama “Al Wasaa`il Fii Syarhi Asy-Syamaa`il” berkata:
مَا مِنْ مُسِلِمٍ قَرَأَ فِي بَيْتِهِ مَوْلِدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا رَفَعَ اللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى الْقَحْطَ وَالْوَبَاءَ وَالْحَرْقَ وَالْغَرْقَ وَاْلآفَاتِ وَالْبَلِيَّاتِ وَالْبُغْضَ وَالْحَسَدَ وَعَيْنَ السُّوْءِ وَاللُّصُوْصَ عَنْ أَهْلِ ذَلِكَ الْبَيْتِ، فَإِذَا مَاتَ هَوَّنَ اللهُ عَلَيْهِ جَوَابَ مُنْكَر وَنَكِيْرٍ، وَيَكُوْنُ فَي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيْكٍ مُقْتَدِرٍ
Tiada dari seorang Islam yang membaca Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dirumahnya  kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengangkat kemarau, wabah, kebakaran, karam, penyakit, bala, murka, dengki, mata yang jahat dan pencuri dari ahli rumah tersebut. Jika orang tersebut meninggal dunia niscaya Allah memudahkan baginya menjawab pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir, dan adalah tempat duduknya pada tempat yang benar disisi Tuhan yang maha memiliki lagi kuasa


3. NASAB KANJENG NABI MUHAMMAD SHOLLALLOOHU ‘ALAIHI WASALLAM
Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa aalihii wasallam:
Bin Sayyid Abdullah
bin Abdul-Muth­thalib (namanya Syaibatul  Hamdi)
bin Hasyim (yang namanya Amr)
bin Abdu Manaf ( namanya  Al-Mughirah)
bin Qushayy (namanya Mujammi’)
bin Kilaab (namanya Hakiem)
bin Murrah
bin Ka'b
bin Lu'ayy
bin Ghaa­lib
bin Fihr (yang namanya Quraisy dan menjadi cikal bakal nama suku Quraisy)
bin Maalik
bin An-Nadhr
bin Kinaanah
bin Khuzaimah
bin Mudrikah
bin Ilyaas
bin Mudhar
bin Nizaar
bin Ma'add
bin Adnaan
bin Udd 
bin Udad
bin Muqawwam
bin Naahuur
bin Tairakh
bin Ya’ruub
bin Yasyjub

bin Naabit
bin Nabi Isma’il ‘alaihissalaam
bin Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam
bin Taarakh
bin Naahuur
bin Syaaruukh
bin Arghuu
bin Faalakh
bin ‘Aibar (ada yang mengatakan beiau adalah Nabi Hud ‘alaihissalaam)
bin Syaalakh
bin Arfakhsyad
bin Saam
bin Nabi Nuh ‘alaihissalaam
bin Laamak
bin Mattuusyalkha
bin Khanuukh (ada yang mengatakan beliau adalah Nabi Idris ‘alaihissalaam)
bin Yard
bin Mahlaayiil
bin Qainan
bin Yaanusy
bin Nabi Syits ‘alaihissalaam
bin Nabi Adam ‘alaihissalaam

Wallaahu A’lamu Bishshowaab
Sumber:
kitab Tahqiiqul Maqaam  ‘Alaa Kifaayatil ‘Awaamm Fii ‘Ilmil Kalaam, karya Syeikh Ibrahim al Bajuri, halaman 85


4. HUKUM MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD
Hadhratusysyaikh KH. Hasyim Asy’ari Attanbihaatul Waajibaat Liman Yashna’ul Maulida Bil Munkaraat halaman 11 menjelaskan:
يُؤْخَذُ مِنْ كَلَامِ الْعُلَمَاءِ الْآتِيْ ذِكْرُهُ أَنَّ الْمَوْلِدَ الَّذِيْ يَسْتَحِبُّهُ الْأَئِمَّةُ هُوَ اِجْتِمَاعُ النَّاسِ وَقِرَاءَةُ مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ وَرِوَايَةِ الْأَخْبَارِ الْوَارِدَةِ فِيْ مَبْدَإِ أَمْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا وَقَعَ فِيْ حَمْلِهِ وَمَوْلِدِهِ مِنَ الْإِرْهَاصَاتِ وَمَا بَعْدَهُ مِنْ سِيَرِهِ الْمُبَارَكَاتِ ثُمَّ يُوْضَعُ لَهُمْ طَعَامٌ يَأْكُلُوْنَهُ وَيَنْصَرِفُوْنَ وَإِنْ زَادُوْا عَلَى ذَلِكَ ضَرْبَ الدُّفُوْفِ مَعَ مُرَاعَاةِ الْأَدَبِ فَلَا بَأْسَ بِذَلِكَ
Perkara yang diambil dari perkataan para ulama yang akan diterangkan  mendatang bahwasanya MAULID yang disunnahkan oleh para imam itu adalah berkumpulnya  orang-orang, pembacaan  ayat yang  mudah dari Al-Qur’an, riwayat hadits-hadits tentang permulaan perihal Nabi serta IRHASH (kejadian yang istimewa sebelum menjadi rasul) yang terjadi saat kehamilannya dan hari lahirnya  dan hal-hal yang terjadi sesudahnya yang merupakan sirah beliau yang penuh keberkahan.
Kemudian disajikan beberapa hidangan bagi mereka. Mereka menyantapnya, dan selanjutnya mereka bubar.
Jika mereka menambahkan atas perkara diatas dengan memukul rebana, maka hal itu tidak apa-apa
.


5.DALIL MAULID NABI MUHAMMAD

Dalam Kitab Shahih Bukhari  juz VI halaman 125, cetakan Daar Al Fikr tahun 1401 H – 1981 M / juz I halaman 591, maktabah syamilah:
قَالَ عُرْوَةُ وثُوَيْبَةُ مَوْلَاةٌ لِأَبِي لَهَبٍ كَانَ أَبُو لَهَبٍ أَعْتَقَهَا فَأَرْضَعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا مَاتَ أَبُو لَهَبٍ أُرِيَهُ بَعْضُ أَهْلِهِ بِشَرِّ حِيبَةٍ قَالَ لَهُ مَاذَا لَقِيتَ قَالَ أَبُو لَهَبٍ لَمْ أَلْقَ بَعْدَكُمْ خَيْرًا غَيْرَ أَنِّي سُقِيتُ فِي هَذِهِ بِعَتَاقَتِي ثُوَيْبَةَ
Imam ‘Urwah bekata:
“Tsuwaibah adalah hamba sahaya Abu Lahab. Dia memerdekakan Tsuwaibah, kemudian Tsuwaibah menyusui Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam.
Ketika Abu Lahab meninggal, salah satu keluarganya  bermimpi melihat dia dalam keadaan yang buruk. Sebagian keluarganya tersebut bertanya: “Apa yang engkau temui?”. Ia menjawab, “Setelah meninggalkan kamu, aku tidak menemui kebaikan kecuali aku diberi minuman didalam ini karena aku memerdekakan Tsuwaibah.”


--------



وَالْمُتَوَسِّطَةُ
WAL MUTAWASSITHOTU
utawi najis mutawasithoh
 تَنْقَسِمُ
TANQOSIMU
iku kebagi opo najis mutawasithoh
إِلَى قِسْمَيْنِ
ILAA QISMAINI
marang rong duman
عَيْنِيَّةٍ
‘AINIYYATIN
hiyo najis ainiyah
وَحُكْمِيَّةٍ
WA HUKMIYYATIN
lan najis hukmiyah
اَلْعَيْنِيَّةُ
AL ‘AINIYYATU
utawi najis ainiyah
اَلَّتِيْ لَهَا
ALLATII LAHAA
iku kang iku kaduwe najis
لَوْنٌ
LAUNUN
opo werno
وَرَيْحٌ
WAROIHUN
lan ambu
وَطَعْمٌ
WA  THO’MUN
lan roso
فَلَا بُدَّ
FA LAA BUDDA
mongko ora kuwoso ora
مِنْ إِزَالَةِ لَوْنِهَا
MIN IZAALATI ‘AINIHAA
saking ngilangi werane najis ainyyah
وَرَيْحِهَا
WA ROIHIHAA
lan ambune najis ainiyah
وَطَعْمِهَا
WA THO’MIHAA
lan rosone najis ainiyah
وَالْحُكْمِيَّةُ
WAL HUKMIYYATU
utawi najis hukmiyah
اَلَّتِيْ لَا لَوْنَ
ALLATII LAA LAUNA
iku kang ora ono werno iku maujud
لَهَا
LAHAA
kaduwe najos hukmiyah
وَلَا رَيْحَ
WA LAA ROIHA
lan ora ono ambu
وَلَاطَعْمَ
WA LAA THO’MA
lan ora ono roso
لَهَا
LAHAA
kaduwe najis hukmiyah
يَكْفِيْكَ
YAKFIIKA
nyukupi ing siro
جَرْيُ الْمَاءِ
JARYUL MAA`I
opo miline banyu
عَلَيْهَا
‘ALAIHAA
ingatase najis hukmiyah
Najis sedang (Mutawassithoh) terbagi dua bagian, yaitu:
1. 'Ainiyyah yaitu najis yang masih nampak warna, bau, atau rasanya, maka cara menyucikan najis ini dengan menghilangkan sifat najis yang masih ada.
2. Hukmiyyah, yaitu najis yang tidak nampak warna, bau dan rasanya, maka cara menyucikan najis ini cukup dengan mengalirkan air pada benda yang terkena najis tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar